ANALISIS IMPLEMENTASI PENJUALAN KREDIT PADA PT

Dalam menjalankan roda usahanya, suatu perusahaan selalu memerlukan sejumlah modal kerja merupakan salah satu bentuk modal yang erat hubungannya dengan kegiatan operasional perusahaan sehari-hari. Untuk itu perlu dianalisa apakah modal kerja yang dimiliki oleh perusahaan telah digunakan secara efisien, karena penggunaan modal kerja yang tepat merupakan penunjang keberhasilan usaha perusahaan.
Salah satu elemen dari modal kerja ialah piutang. Dengan adanya piutang ini memiliki arti yang positif, namun tidak berarti investasi pada piutang tidak menimbulkan resiko. Apabila pihak manajemen tidak berhati-hati dalam mengelola piutangyang dimilikinya, maka akan berakibat cukup fatal sebab yang terlihat disini adalah penjualan kredit yang besar. Semakin besar volume penjualan kredit, semakin besar pula total piutang perusahaan yang berarti semakin tinggi resiko yang dihadapi oleh n\modal kerja.
Berdasarkan data yang dihimpun dari PT. Rodasurya Adimas Banjarmasin, maka dapat terlihat dengan jelas semakin menurunnya tingkat perputaran piutang dan semakin lambatnya waktu pengumpulan piutang dari waktu pengumpulan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini mengakibatkan semakin besarnya modal kerja yang tertanam dalam pada piutang dan semakin menurunnya kemampuan perolehan laba perusahaan.
Dengan tujuan memperbaiki keadaan tersebut, penulis memberikan saran agar perusahaan melakukan perubahan dalam penerapan syarat kredit , lebih selektif dalam memilih debitur, perlunya perusahaan menyusun aging schedule of receivablesdan semakin mengaktifkan divisi penagihan piutangnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: